Sabtu, 02 Mei 2009

Cara Manfaatkan FACEBOOK untuk Usaha Anda

Saat ini siapa sih pengguna internet yang tidak mengenal facebook ? Saya yakin, Andapun telah mengenalnya, atau bahkan telah menjadi member fanatiknya. Facebook sebagai salah satu social network media memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan media lain.Salah satu kelebihan menarik yang ada kaitannya dengan usaha Anda antara lain kemampuannya untuk membangun jaringan pertemanan seperti virus. Salah satu hal yang cukup menarik juga adalah pengguna facebook ni cukup beragam. Tidak hanya anak muda, tetapi mereka yang sudah berumur dan mapan banyak juga yang menggunakan. Dari sisi profesi pengguna facebook juga dari berbagai kalangan

Bagaimana memanfaatkan facebook untuk membantu kesuksesan usaha Anda ? Berikut ini tip-tipnya
Buatlah account facebook sekarang juga
Jika Anda saat ini belum punya account facebook, jangan salahkan saya jika ada yang bilang ke Anda, “Hare gene gak pake fesbuk, kuno gito loh ??!!”
Facebook kini seolah menjadi mainan baru anak muda, bahkan orang tua sekalipun. Kemaren saat pulang dari Jakarta, di dalam pesawat saat menunggu tangga dipasang saya melirik pemuda di sebelah saya yang mengotak-atik Blackberry-nya. Tebakan saya, pasti ia sedang buka facebook-nya. Dan tebakan saya tidak meleset. Sebegitu menariknya facebook, sehingga saya sendiri saat awal-awal menggunakan facebook, satu hari lebih dari sepuluh kali membuka account. Jika saat ini Anda belum memiliki account facebook, silahkan daftar sekarang juga disini. Dan jangan lupa add nama saya menjadi teman Anda ya..
Pilih teman / relasi sesuai dengan target market Anda

Jika Anda ingin menggunakan facebook untuk membantu menyukseskan usaha Anda, ataupun membangun personal / corporate branding, Anda bisa memilih segmen pasar yang sesuai. Facebook menyediakan pilihan siapa saja yang berhak Anda setujui sebagai teman Anda.
Anda bisa memilih berdasarkan jenis kelamin, agama, minat, atau apapun sesuai kepentingan Anda. Karena itu, pilihlah teman sesuai dengan segmen pasar usaha atau bisnis Anda saat ini. Atau bisa juga Anda memilih teman untuk kepentingan jangka panjang bisnis Anda
Buat situs / blog produk atau jasa Anda
Pada dasarnya facebook bukanlah tempat akhir Anda menjual produk, walaupun sebenarnya bisa saja Anda menjual langsung produk di facebook. Karena itu, setelah Anda mempunyai account di facebook, buatlah juga web atau blog yang berisi presentasi lengkap produk atau usaha Anda. Membuat web atau blog bisnis secara terpisah akan meningkatkan kredibilitas online usaha Anda.
Beri tautan ke web / blog Anda

Taruh link website atau blog Anda di face book, sehingga memudahkan relasi Anda untuk mengunjunginya.
Promosi yang sewajarnya
Fungsi utama membuat account facebook adalah membangun relasi atau jaringan.
Dalam prosesnya Anda membangun kepercayaan teman-teman/relasi kepada Anda. Setelah kepercayaan terbangun, Anda akan lebih mudah untuk menjual apa saja kepada relasi Anda tersebut. Anda boleh saja berpromosi dalam facebook. Tapi promosi Anda harus sewajarnya. Jangan membombardir relasi Anda dengan iklan-iklan yang membosankan. Itu hanya akan merusak kredibilitas Anda
Aktif bersosialisasi
Cara cepat untuk membangun kepercayaan teman / relasi Anda adalah seringnya Anda bersosialisai dengan mereka.
Berilah komentar sesering mungkin kepada siapa saja. Komentar ringan Anda sangat besar artinya bagi mereka. Namun, jangan lupa, berkomentarlah secara sopan dan jangan merusak citra Anda dengan komentar yang tidak pantas
Jaga reputasi Anda
Hindari melakukan tindakan negative yang hanya merusak reputasi Anda. Tulisan Anda akan dibaca banyak orang, karena itu pikirkan masak-masak sebelum memosting tulisan Anda.
Ingat, Anda bukan menghadapi computer, Anda menghadapi manusia yang mempunyai perasaan seperti Anda.
Bergabung dengan group dan membuat group sendiri
Facebook menyediakan fasilitas bagi membernya untuk bergabung atau membuat group-group. Anda bisa bergabung dengan group yang menjadi target market Anda ataupun Anda bisa membuatnya sendiri.
Upload foto produk atau perusahaan Anda
Facebook menyediakan fasilitas untuk memuat foto-foto yang Anda miliki. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk meng-upload foto produk usaha Anda.
Iklan berbayar di facebook
Seperti halnya Google, facebook juga punya program periklanan berbayar. Kelebihan program ini yang menarik dibanding yan sejenis adalah adanya fasilitas untuk memilih target umur pembaca iklan Ada.
Saya sendiri saat menulis artikel ini belum memanfaatkan fasilitas ini.
Atur waktu Anda
Awas…. Facebook bisa menyita waktu Anda. Bagi Anda yang menyukai sosialisasi, saya akan memaklumi jika Anda membuka facebook hingga 10 kali dalam sehari, atau bahkan lebih. Tapi sebagai pengusaha, hendaknya lebih bijak dalam mengatur waktu, kan ? Saya rasa cukuplah membuka account facebook 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Jawab komentar teman-teman Anda, dan sesekali mengomentari apa yang mereka tulis. Ok.. ini saja beberapa tips dari saya. Saya akan update jika ada sesuatu yang menarik lainnya….
akupunyausaha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar